HUBUNGAN PELAKSANAAN SHALAT DZUHUR BERJAMAAH DENGAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 KOTA BOGOR

Abstract

Abstrak: Shalat Dzuhur berjamaah menjadi salah satu kegiatan keagamaan di SMP Negeri 4 Kota Bogor menjadikan hal yang positif bagi siswanya, karena adanya kegiatan keagamaan tersebut diharapkan membuat para siswa dapat lebih aktif menjalankan shalat berjamaah di sekolah dan di rumah Shalat berjamaah adalah shalat yang dilakukan Secara Secara bersama-sama dengan pimpinan seorang imam, dengan melaksanakan shalat secara bersama-sama maka akan terwujud persatuan dan kesatuan serta kekokohan kaum muslimin dalam memilih kepada Allah SWT. Berbicara masalah pendidikan satu aspeknya adalah disiplin belajar yang merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kegiatan siswa dalam proses belajar mengajar.Disiplin belajar merupakan ketaatan dan pesan terhadap peraturan tertulis atau tertulis dalam proses perubahan perilaku yang menetap karena praktik yang berupa pengalaman, membaca menirukan, mencoba sesuatu, mendengarkan, serta mengikuti arahan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan shalat dzuhur berjamaah dengan kedisiplinan siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 kota Bogor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yaitu: Instrumen yang digunakan berupa angket / kuesioner. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan tampilan produk.Kesimpulannya bahwa shalat dzuhur berjamaah terdapat hubungan dengan kedisiplinan belajar siswa, diketahui bahwa nilai variabel X dan Y sebesar 0,442 dilihat dari tabel interprestasi nilai yang diperoleh yaitu 0, 442 yang terletak antara interval 0,40 - 0,70 bahwa terdapat hubungan signifikan antara kegiatan shalat berjamaah dengan kedisiplinan belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 kota Bogor. Kegiatan shalat berjamaah dengan disiplin belajar harus lebih cocok untuk siswa belajar tepat waktu dalam kegiatan shalat berjamaah dengan siswa sudah tepat waktu kegiatan belajar berjalan dengan lancar sesuai prosedur pembelajaran.