APLIKASI MODEL QUANTUM TEACHING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN CAPAIAN PEMBELAJARAN SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar siswa dengan penerapan aplikasi Quantum Teaching Model yang berfokus pada pengembangan kosa kata mata pelajaran bahasa Inggris untuk siswa kelas B1 untuk periode 2018/2019 dalam Studi Program Hukum Ekonomi Syariah (HES) ) di Departemen Syariah Fakultas Studi Islam (FAI) UMI Makassar. Penerapan metode belajar mengajar kuantum telah dilakukan dengan membatasi materi hanya pada subjek pemberitahuan dan kehati-hatian, dan pengumuman dan percakapan. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan model Kemmis dan Taggart. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Langkah-langkah yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pre-test untuk mengetahui kemampuan awal siswa, kemudian penyediaan materi yang diajarkan, setelah itu siswa melakukan kegiatan diskusi dan melakukan tugas kelompok atau individu. Langkah selanjutnya adalah siswa menunjukkan atau menunjukkan hasil diskusi kelompok di depan kelas. Kemudian, langkah terakhir adalah post-test, untuk menentukan pemahaman dan hasil belajar yang telah dicapai oleh siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat motivasi belajar siswa dalam kelompok atau individu mengalami peningkatan untuk setiap siklusnya. Kemudian kegiatan implementasi Quantum Teaching Model meningkat untuk setiap kegiatan. Itu sama dengan hasil belajar siswa yang meningkat untuk setiap siklus. Oleh karena itu, Quantum Teaching Model dapat disimpulkan sebagai pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.