Implementasi Metode Tilawati Dalam Pembelajaran Al-Qur'an Untuk Menumbuhkan Karakter Disiplin Di SMP Al-Azhar Syifa Budi Cibinong Bogor
Abstract
Penelitian ini tujuannya adalah untuk mendeskripsikan dan menjelaskan implementasi metode Tilawati pada pembelajaran Al-Qur’an diSMPAl-Azhar Syifa Budi Cibinong Bogor dan untuk mendeskripsikan adanya karakter disiplin dalam implementasi metode Tilawati pada pembelajaran Al-Qur’an diSMPAl-Azhar Syifa Budi Cibinong Bogor. Penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Temuan penelitian ini dapat disimpulkan, bahwaSMPAl-Azhar Syifa Budi Cibinong telah menginplementasikan metode Tilawati dalam pembelajaran Al-Qur’an dilakukan dengan menggunakan 2 teknik pendekatan, yaitu teknik klasikal peraga dan teknik baca simak individual. Pembelajaran metode Tilawati dilakukan melalui 4 teknik klasikal, yaitu teknik klasikal 1 (guru membaca murid mendengarkan), teknik klasikal 2 (guru membaca murid menirukan), teknik klasikal 3 (guru dan murid membaca bersama-sama), dan teknik baca simak (yang satu membaca yang lain menyimak). Sedangkan karakter disiplin dalam implementasi metode tilawati pada pembelajaran Al-Qur’an diSMPAl-Azhar Syifa Budi cibinong dianataranya: Disiplin mengikuti pembelajaran tilawati dengan tepat waktu, disiplin duduk mengikuti aturan tilawati melingkar seperti leter U, disiplin membaca Al-Qur’an dengan irama lagu rost tilawati, disiplin mengikuti bacaan guru ketika sedang menunjuk bacaan yang tertera pada peraga tilawati, dan disiplin mendengar dan menyimak bacaan teman yang lain secara bergiliran.