IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN GURU AGAMA ISLAM DI SMK NEGERI 1 MAKASSAR

Abstract

Penelitian ini berjudul implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran guru agama Islam di SMK Negeri 1 Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) merencanakan penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran guru agama Islam di SMK Negeri 1 Makassar, 2) Pelaksanaan  pendekatan saintifik dalam pembelajaran guru agama Islam  di SMK Negeri 1 Makassar, 3) hasil proses penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran guru agama Islam di SMK Negeri 1 Makassar. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan tiga pendekatan yakni sosiologi, fenomenologi dan psikologis. Penelitian ini menggunakan pedoman wawancara, observasi dan dokumentasi untuk dijadikan bahan pengumpulan data. Teknik pengolahan data dilakukan dengan 3 tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data non statistik. Hasil penelitian pada pembelajaran guru agama Islam di SMK Negeri 1 Makassar dengan menggunakan pendekatan saintifik sudah baik, sebagaimana data dan fakta dilapangan menunjukkan bahwa peningkatan nilai akademik peserta didik sudah melewati nilai KKM yaitu 90%, dengan menggunakan strategi pembelajaran yang bervariatif seperti model konstruktivisme, dan model aktif.