PENDIDIKAN DAN PEMBANGUNAN SUMBER DAYA MANUSIA

Abstract

Indonesia adalah Negara kaya dengan potensi sumber daya yang luar biasa, dari mulai  jumlah pulau sebanyak 17.504 buah, 1.340 suku bangsa, 721 bahasa daerah, potensi budaya dan heterogenitas agama, Islam, Katolik, Protestan Hindu, Buddha,  Konghucu serta potensi lainnya yang menggambarkan pluralitas dan ke-Bhinneka Tunggal Ika-an. Kekayaan-kekayaan inilah menjadikan Indonesia berpotensi menjadi negara besar dan maju. Di sisi lain dengan jumlah penduduk sebanyak 263 juta lebih, dan apalagi Indonesia akan menghadapi bonus demografi pada tahun 2045 yang berimplikasi munculnya berbagai permaslahan, seperti kemiskinan, kesehatan, kriminalitas dan sebagainya. Persoalan ini menuntut Indonesia harus bekerja keras agar dapat keluar dari problem yang dihadapi. Indonesia dengan potensi yang dimiliknya harus yakin dapat mengatasi kompleksitas problem yang dihadapi. Menjadi kunci permasalahan yang ada adalah program pendidikan yang didesain mencetak Sumber Daya Manusia berkualitas  berperan sebagai agen perubahan untuk mencapai kesejahteran lahir dan batin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterkaitan bidang pendidikan sebagai proses pemberdayaan dengan sumber daya manusia sebagai outputnya. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan metode deskriptif. Hasil yang diharapkan dari penelitian ini bahwa pendidikan berperan menciptakan sumber daya manusia berkualitas sebagai asset pembangunan bangsa.