Pembentukan Karakter Anak Usia Dini Melalui Pengenalan Sains Secara Sederhana Di Masa Pandemi Covid 19

Abstract

Penelitian ini dilakukan di PAUD Al-Badawi Purworejo kelompok B. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) mengapa pembelajaran sains diterapkan sebagai pembentukan karakter anak? 2) bagaimana proses pembelajaran pendidikan karakter untuk anak usia dini? 3) metode apa yang digunakan guru dalam mengenalkan sains secara sederhana kepada anak usia dini? Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Tahapan dalam melaksanakan penelitian antara lain persiapan, pelaksanaan dan pengolahan data. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu wawancara, observasi dan studi dokumen dengan menggunakan pedoman wawancara dan pedoman observasi sebagai alat bantu. Hasil penelitian dengan mreduksi data kualitatif didapatkan bahwa pemebntukan karakter anak melalui pelajaran sains sederhana terlihat dari kegiatan (1) dari pelajaran sains , anak-anak akan mendapatkan pengetahuan ketika mereka melakukan eksplorasi dan pengamatan dan hal ini secara tidak langsung karakter anak terbentuk. 2) Pendidikan karakter penting diberikan kepada anak sejak usia dini yang sedang berada di usia emas, maka proses pembelajaran pendididikan karakter sangat penting dan efektif diterapkan sejak usia dini. (3) Melalui metode pengamatan, eksperimen, memberikan pertanyaan kepada anak ketika anak sedang melakukan kegiatan. Dengan metode tersebut anak mengetahui sebab akibat dan memperkirakan penyebab dan akibatnya.