Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT untuk Peningkatan Kreativitas Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA Kelas V SDN 3 Gunung Rajak Tahun 2013

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkatkan kreativitas dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif NHT pada siswa kelas V SDN 3 Gunung Rajak melalui penggunaan NHT tipe model kooperatif. Bentuk Penelitian ini adalah penelitian tindakan terdiri dari perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Teknik pengumpulan data untuk meningkatkan kreativitas belajar IPA dengan menggunakan model kooperatif tipe NHT adalah kuesioner dan teknik observasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah model interaktif dari Miles & Huberman, analisis terdiri reduksi data, data, dan Token verifikasi data atau menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan motivasi siswa SDN 3 Gunung Rajak kelas V. Dalam pratindakan diperoleh rata-rata kreativitas 60,88, untuk siklus pertama 72,80 dan siklus II 84,20. Hal ini berarti meningkatkan kreatif belajar siswa rata-rata 23,32%. Dengan demikian dapat diusulkan rekomendasi bahwa penggunaan model pemebelajaran kooperatif NHT jenis studi di kelas-kelas sain dapat meningkatkan kreativitas belajar dan prestasi belajar di SDN 3 Gunung Rajak.