Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) dan Jigsaw terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMAN 1 Keruak Tahun Ajaran 2012/2013
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Perbedaan pengaruh pembelajaran kooperatif tipe STAD dan Jigsaw terhadap prestasi belajar ekonomi. (2) Perbedaan pengaruh tingkat motivasi tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar ekonomi (3) interaksi antara motivasi dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) dan Jigsaw terhadap prestasi belajar ekonomi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi penelitian seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Keruak Lombok Timur tahun pelajaran 2012/2013, Sampel penelitian ditentukan dengan teknik cluster random sampling sebanyak 2 kelas. Model pembelajaran pada kelas eksperimen I yaitu kelas XB sebanyak 36 siswa menggunakan metode STAD (Student Teams Achievement Divisions) dan pada kelas eksperimen II adalah kelas XF sebanyak 35 siswa menggunakan metode Jigsaw. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes untuk data prestasi belajar ekonomi, angket untuk motivasi belajar siswa dan dokumentasi. Uji hipotesis penelitian menggunakan analisis varian dua jalan dengan desain faktorial 2x2 dan taraf signifikan 5%. Sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu normalitas dan homogenitas dengan mengunakan software SPSS 17. Dari hasil analisis disimpulkan bahwa : (1) Terdapat perbedaan pengaruh pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) dan Jigsaw terhadap prestasi belajar ekonomi. (2) Terdapat perbedaan pengaruh tingkat motivasi tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar ekonomi (3) Tidak terdapat interaksi antara motivasi dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) dan Jigsaw terhadap prestasi belajar ekonomi