Analisis Kemampuan Kognitif Mahasiswa dalam Pembelajaran Kontekstual dan Pembelajaran Deduktif pada Perkuliahan Media Pembelajaran PAI
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi tentang kemampuan kognitif mahasiswa pada pembelajaran kontekstual dan pembelajaran deduktif, serta mengetahui manakah yang memiliki pengaruh yang lebih baik antara pembelajaran kontekstual dan pembelajaran deduktif. Pemahaman kognitif dalam penelitian ini dibatasi pada kemampuan: pendefinisian istilah, pemahaman istilah, dan penerapan istilah.Penelitian ini dilakukan dengan studi eksperimetal pada implementasi mata kuliah Media Pembelajaran PAI. Penelitian ini dilaksanakan dengan melibatkan mahasiswa STIT Palapa Nusantara Lombok NTB yang dibagi menjadi kelas eksperimen satu dan kelas Eksperimen dua. Untuk mengukur pemahaman kogntifsecara teori, digunakan soal essai Sedangkan untuk mengukur kemampuan kognitif secara aplikasi, digunakan pedoman observasi. data dianalisis dengan uji multivariatT2Hotelling. Uji ini menunjukkan adanya perbedaan efek, sehingga ditindak lanjut dengani uji t untuk menentukan metode manakah yang lebih unggul, ditinjau dari kemampuan teori maupun kemampuan aplikasi mahasiswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pembelajaran deduktif lebih baik dari pada pembelajaran CTL pada kemampuan teori mahasiswa. (thit= 2,28 > ttab =2,00). 2) pembelajaran CTL lebih baik dari pada menggunakan pembelajaran deduktif dalam kemampuan aplikasi (thit= 4,05 > ttab(0,025;66) = 2,00).