Penerapan Strategi Giving Questions and Getting Answers dengan Pendekatan Kerja Laboratorium Inkuiri Terbimbing

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar untuk siswa yang diberi strategi giving questions and getting answers dengan giving information pada pendekatan kerja laboratorium inkuiri terbimbing terhadap peningkatan pemahaman konsep fisika siswa dan kinerja ilmiah siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang menggunakan rancangan eksperimen pretest-posttest dengan dua kelas eksperimen yang telah di pasangkan (matching pretest-posttest comparison group design) Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan teknik matching mengambil satu karakteristik saja atau diambil dengan dipasangkan. Rancangan dipilih karena selama eksperimen tidak memungkinkan untuk mengubah kelas yang telah ada. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Keruak, dan sampelnya adalah 26 siswa dari kelas VIII D sebagai kelas eksperimen 1 yang menggunakan strategi giving questions and getting answers, dengan pendekatan kerja laboratorium inkuiri terbimbing dan 26 siswa dari kelas VIII B sebagai kelas eksperimen 2 yang menggunakan strategi giving information, dengan pendekatan kerja laboratorium inkuiri terbimbing. Metode pengujian hipotesis yang digunakan adalah mann-whitney pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan hasil belajar untuk siswa yang diberi strategi giving questions and getting answers dengan giving information pada pendekatan kerja laboratorium inkuiri terhadap peningkatan pemahaman konsep fisika siswa. Hasil dari penelitian ini juga menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan hasil belajar untuk siswa yang diberi strategi giving questions and getting answers dengan giving information pada pendekatan kerja laboratorium inkuiri terhadap kinerja ilmiah siswa.