Studi Komprasi Penerapan Pendekatan Inquiry dengan Pendekatan Ekspositori terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X MA Palapa Nusantara

Abstract

Guru sebagai komponen utama dalam menentukan suksesnya kegiatan pembelajaran dituntut untuk dapat memilih dan menggunakan pendekatan pembelajaran yang tepat dalam menyampaikan materi pelajaran. Selama ini kegitan pembelajaran ekonomi masih berpusat pada guru serta masih bersifat klasikal, sehingga guru lebih banyak berperan aktif daripada siswa. Untuk itu diperlukan suatu model pembelajaran yang mampu mengajak siswa bereran aktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui adakah perbedaan pemahan belajar tentang uang dan bank dengan menggunakan pendekatan inquiry dan pendekatan ekspositori pada siswa kelas X MA Palapa Nusantara Tahun Pembelajaran 2014/2015. Jumlah Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 118 orang siswa yangbterdiri dari 3 kelas. Dengan jumlah sampel adalah 78 siswa yaitu kelas X A berjumlah 39 orang dan kelas X c berjumlah 39 orang siswa. Instrumen penelitian ini berupa tes objektif dan daftar cek (ceklis). Dalam penelitian ini variabel bebasnya adalah pembelajaran dengan menggunakan pendekatan inquiry dan pendekatan ekspositori, variabel terikat adalah prestasi belajar berdasarkan data pos tes nilai rata-rata (mean) untuk pendekatan inquiry 84.4 dan untuk pendekatan ekspositori 74.10 setelah dilakukan uji “t” didapatkan t hitung 14.7 dan t tabel 2.00 maka Ha diterima karena t hitung > t tabel sehingga Ho ditolak. Hal ini berarti bahwa dengan menggunakan pendekatan inquiry dan pendekatan ekspositori ada perbedaan pemahaman belajar yang signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi pada materi uang dan perbankan siswa kelas X MA Palapa Nusantara Tahun Pembelajaran 2014/2015