Pengaruh Penggunaan Strategi Giving Question and Getting Answers terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh strategi giving question and getting answers terhadap prestasi belajar matematika. Untuk mengetahui pengaruh giving question and getting answers, data dianalisis menggunakan polled varians pada taraf signifikansi 5%. Adapun hasil yang diperoleh adalah dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kela VII SMP Negeri 2 Sakra dikatakan berhasil” Karena berdasarkan perhitungan dengan menggunakan t-tes, didapatkan nilai o t (t-hitung) lebih besar dari tabel t pada taraf signifikansi 5%. Dimana nilai o t sebesar 2,47 sedangkan tabel t pada taraf signifikansi 5% adalah 2,00 adanya perbedaan nilai antara nilai o t dengan nilai tabel t pada taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa penggunaan strategi Giving question and getting answers memberikan pengaruh positif terhadap peningkatan prestasi siswa. Berdasarkan hasil post-tes kelas yang menggunakan strategi giving question and getting answers nilai rata-ratanya adalah 76,06 sedangkan nilai rata-rata siswa yang tidak diberikan strategi giving question and getting answers yaitu 65,78.