Pengaruh Bermain Meronce Bunga Kamboja terhadap Sikap Disiplin Anak Usia Dini

Abstract

Meronce adalah kegiatan berlatih berkarya seni rupa yang dilakukan dengan cara menyusun bagian-bagian bahan yang dapat dibuat benda hias atau benda pakai dengan memakai bantuan alat rangkai sesuai dengan tingkat kemampuan anak. Sedangkan disiplin yang sebenarnya adalah untuk mendorong anak untuk bekerjasama, memilih perilaku yang tepat dan untuk menyambut peluang untuk memberikan kontribusi pada kelas, teman sebaya dan keluarga mereka. Karena itu rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Pengaruh Bermain Meronce Bunga Kamboja Terhadap Sikap Disiplin Anak Usia Dini di TK PGRI Batukliang, desa beber, lombok tengah. Penelitian ini menjadikan metode observasi menjadi metode pokok dan wawancara serta dokumentasi sebagai metode pendukung. Dalam penelitian ini mengambil kelas TK A dan B menjadi sampel penelitian dan jumlah setiap kelas terdiri dari 37 dan 32 siswa sehingga total siswa berjumlah 69 orang siswa. Dan penelitian ini menggunakan teknik purposive random sampling, mengambil 10 dari 69 populasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan t-test. Berdasarkan hasil uji t-test menunjukkan nilai t hitung sebesar 8,757 maka berdasarkan taraf signifikan 5  % dan db = 9 ternyata besarnya angka batas penolakan hipotesis nol yang dinyatakan dalam tabel distribusi t adalah 2,262. Kenyataan ini menunjukkan bahwa nilai t hitung lebih besar dari pada nilai t tabel (8,757 > 2,262), Karena t hitung lebih besar dari harga t tabel, maka penelitian ini dikatakan signifikan. Hal ini berarti bahwa hipotesis nol di tolak dan hipotesis alternatif diterima, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa : Ada pengaruh kegiatan bermain meronce dengan bunga kamboja terhadap sikap disiplin Bimbingan Kelompok terhadap siswa TK PGRI lendang tampel desa Beber Tahun Pelajaran 2018/2019.