Peningkatan Prestasi Belajar IPA melalui Penerapan Model Pembelajaran GI pada Siswa Kelas IX-A SMP Negeri 1 Terara
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) bertujuan untuk Peningkatan Prestasi Belajar IPA yang dilaksanakan pada siswa kelas IX-A SMPN 1 Terara dengan menggunakan Model Group Investigation (GI). Peneliti melakukan penelitian tindakan dengan tujuan untuk untuk mengetahui peningkatan prestasi IPA pada siswa kelas IX-A SMPN 1 Terara melalui penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan model pembelajaran GI dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi IPA siswa kelas IX-A SMP Negeri 1 Terara pada semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari perolehan nilai skor aktivitas siswa, aktivitas guru dan nilai rata-rata kelas serta tingkat ketuntasan secara klasikal pada tiap siklus mengalami peningkatan baik pada siklus I maupun siklus II. Berdasarkan hasil analisis data pada tiap siklus, terlihat bahwa hasil dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Pada pelaksanaan pembelajaran dan hasil analisis data siklus I, untuk aktivitas siswa diperoleh nilai rata-rata sebesar 2,84 dan aktivitas siswa pada siklus II diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 3,85 sedangkan ketuntasan secara klasikal diperoleh pada siklus I sebesar 66% dan meningkat pada siklus II sebesar 94%.