Peningkatan Kemampuan Guru dalam Penerapan Model Pembelajaran pada Matematika melalui Supervisi Akademik di SDN 1 Setanggor

Abstract

Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Penerapan Model Pembelajaran Pada Matematika Melalui Supervisi Akademik Di SDN 1 Setanggor Kecamatan Sukamulia Tahun Pelajaran 2018/2019. Subyek dalam penelitian ini adalah guru-guru kelas tinggi di SDN 1 Setanggor Kecamatan Sukamulia Tahun Pelajaran 2018/2019. Dalam penelitian Tindakan kepengawasan ini variabel yang diteliti adalah Peningkatan kemampuan guru dalam penerapan model pembelajaran pada SDN 1 Setanggor kecamatan Sukamulia. Berdasarkan  hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran memiliki dampak positif dalam meningkatkan kemampuan guru hal ini dapat dilihat dari semakin mantapnya pemahaman guru dari pembinaan yang diberikan oleh kepala sekolah ( ketuntasan pembinaan meningkat dari siklus I, II, dan III ) yaitu masing-masing 33,33% ; 66,67 % ; 100 %  Pada siklus III ketuntasan pembinaan guru secara kelompok telah tercapai.