Penerapan Supervisi Kolaboratif untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru SDN 6 Jurit Kecamatan Pringgasela

Abstract

Tujuan penelitian tindakan sekolah yang telah dilaksanakan ini adalah untuk mengetahui: penerapan supervisi kolaboratif dapat meningkatkan kompetensi profesional guru di SDN 6 Jurit Kecamatan Pringgasela tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian tindakan sekolah ini dilaksanakan di SDN 6 Jurit Kecamatan Pringgasela  Kabupaten Lombok Timur yang merupakan tempat tugas peneliti. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan dua siklus, dengan setiap siklusnya dilaksanakan proses pembimbingan berupa model kemudian dilaksanakan observasi / penilaian berupa supervisi administrasi/proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan selama kurang lebih tiga bulan, yaitu mulai Bulan Agustus sampai dengan Oktober 2018. Subyek penelitian adalah guru-guru SDN 6 Jurit Kecamatan Pringgasela tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 3 guru PNS. Berdasarkan  hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Supervisi Kolaburatif Untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru  oleh  Kepala Sekolah memiliki dampak positif dalam meningkatkan kemampuan guru.hal ini dapat dilihat dari semakin mantapnya pemahaman guru dari pembinaan yang diberikan oleh kepala sekolah  (rata-rata hasil kinerja guru  meningkat dari siklus I, dan II) yaitu masing-masing 66,66% ; 100% pada siklus II,  ketuntasan pembinaan guru secara kelompok telah tercapai.