Peningkatan Kinerja Guru dalam Pembelajaran di Kelas melalui Supervisi Edukatif Kolaboratif Secara Periodik di SDN 3 Padamara

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kinerja guru dalam pembelajaran di kelas melalui supervisi Edukatif Kolaboratif secara priodik dalam melaksanakan pembelajaran dan ingin mendeskripsikan langkah-langkah supervisi edukatif kolaboratif secara periodik  dalam menyusun  rencana pembelajaran. Penelitian tindakan sekolah ini dilaksanakan di SDN 9 Masbagik Utara Kecamatan Masbagik Kabupaten Lombok Timur yang merupakan tempat tugas peneliti. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan dua siklus, dengan setiap siklusnya dilaksanakan proses pembimbingan berupa Supervisi Edukstif Kolaboratif secara periodik kemudian dilaksanakan observasi/penilaian berupa supervisi proses pembelajaran di kelas. Penelitian ini dilaksanakan selama kurang lebih tiga bulan, yaitu mulai bulan Agustus sampai dengan Oktober 2019. Berdasarkan  hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembinaan Kepala Sekolah memiliki dampak positif dalam meningkatkan kemampuan guru.hal ini dapat dilihat dari semakin mantapnya pemahaman guru dari pembinaan yang diberikan oleh kepala sekolah  (rata-rata hasil kinerja guru  meningkat dari siklus I, dan II) yaitu masing-masing 66,00 dan ; 82,50 Pada siklus II ketuntasan pembinaan guru secara kelompok telah tercapai.