Meningkatkan Kemampun Membaca Permulaan melalui Kegitan Bermain Kartu Huruf Bergambar pada Kelompok B TKN Pembina Selong

Abstract

Subyek penelitian adalah anak kelompok B TK Negeri Pembina Selong kabupaten Lombok Timur tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 30 anak dan terdiri atas 13 anak laki-laki dan 17 anak perempuan dengan usia rata-rata 5-6 tahun. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan dua siklus, dengan setiap siklusnya dilaksanakan 3 kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan selama kurang lebih tiga bulan, yaitu mulai Bulan Pebruari  sampai dengan April 2019. Berdasarkan hasil analisis data pada tiap siklus, terlihat bahwa hasil dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Pada pelaksanaan pembelajaran dan hasil analisis data siklus I, untuk aktivitas anak diperoleh skor ketuntasan klasikal sebesar 40% dan meningkat pada siklus II menjadi  90%.