Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dengan Menggunakan Media Kongkrit pada Siswa Kelas IV SDN 5 Anjani Kecamatan Suralaga

Abstract

Subyek penelitian adalah siswa kelas IV Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Media Konkret Pada Siswa Kelas IV SDN 5 Anjani kecamatan Suralaga Tahun Pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 25 siswa dan terdiri atas 15 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan dua siklus, dengan setiap siklusnya dilaksanakan 2 kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan selama kurang lebih tiga bulan, yaitu mulai Bulan Februari sampai dengan April 2019. Berdasarkan hasil analisis data pada tiap siklus, terlihat bahwa hasil dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Pada pelaksanaan pembelajaran dan hasil analisis data siklus I, untuk aktivitas siswa diperoleh nilai rata-rata sebesar 3.0 dan aktivitas siswa pada siklus II diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 4.4