Peningkatan Hasil Belajar IPA melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT pada Siswa Kelas III-B SDN 1 Aikmel

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) ini dilakukan dengan tujuan adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA materi hubungan sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) pada siswa kelas III-B SDN 1 Aikmel tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) ini dilakukan dalam tahapan 2 siklus, dan dari hasil tindakan yang sudah dilakukan terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa baik dari segi ketuntasan belajar siswa secara klasikalĀ  yaitu pada siklus I sebesar 70 %, dapat meningkat menjadi 93,3 % pada siklus II maupun dari segi nilai rata-rata hasil evaluasi yakni pada siklus I sebesar 71 menjadi 77,5 pada siklus II, ini berarti ada peningkatan sebesarĀ  23,3 %. Dari hasil penelitian tindakan kelas ini juga menunjukkan adanya peningkatan tingkat aktivitas belajar siswa dari Berapa kategori Cukup Aktif pada siklus I menjadi Berapa kategori Aktif, berarti ada peningkatan sebesar Berapa