Sistem Pendidikan Qur’ani (Studi Surah Al-‘Alaq ayat 1 sampai dengan 5)
Abstract
Penulisan makalah ini bertujuan untuk menyajikan tafsir tematik ayat 1-5 QS. Al-‘Alaq sebagai wahyu pertama yang diturunkan kepada Rasul yang Agung Muhammad SAW terutama untuk menggali dan menyajikan nilai-nilai tarbiyyah yang terkandung di dalamnya. Penulis sangat meyakini bahwa sebagian kecil dari pesan nan maha sempurna dalam lima ayat ini akan membuka jalan bagi para pengembang dan pemerhati pendidikan baik untuk kepentingan pengambilan kebijakan maupun sebagai acuan praktisi pendidikan di tiap-tiap lembaga pendidikan yang ada. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode Content Analysis (CA) dimana penulis mempelajari ayat dan mengkaji maknanya satu persatu kemudian menafsirkannya berdasarkan multy tafsir aproach untuk menggabungkan pandangan-pandangan beberapa ahli tafsir. Gabungan penafsiran itu kemudian penulis padukan dan membuat sebuah makna secara tematik dalam bidang pendidikan. Dengan segala keterbatasan yang ada, penulis berupaya semaksimal mungkin untuk memahami tafsirnya satu demi satu sehingga dapat menarik sebuah kesimpulan bahwa lima ayat tersebut mengandung nilai-nilai tarbiyah yang sangat lengkap dan belum dapat diterapkan sepenuhnya dalam sistem pendidikan kita dimana peranan interaksi antara manusia sebagai subyek dan obyek pendidikan dengan Tuhan sebagai pemilik pengetahuan sehingga pendidikan akan melahirkan manusia paripurna lahir dan bathin.