Peningkatan Kinerja Guru dengan Pengefektifkan Musyawarah Guru Mata Pelajaran ( MGMP ) Matematika melalui Supervisi Akademik Kepala Sekolah di SMP Negeri 3 Sikur

Abstract

Kinerja kepala sekolah tidak hanya diukur berdasarkan pendidikan formal tetapi juga harus diukur berdasarkan bagaimana kemampuan kepala sekolah dalam menjalankan peran dan fungsinya di sekolah secara efektif dan dari segi akademik kepala sekolah juga dituntut agar dapat, menguasai, memilih dan menggunakan metode, media serta melaksanakan evaluasi pembelajaran, karena seorang kepala sekolah tidak hanya berperan sebagai manajer di sekolah tetapi ia juga harus berperan sebagai guru / pengajar di kelas. Dalam penelitian ini penulis mencoba untuk mengkaji dan menggali supervisi (kepala sekolah) yang berkaitan dengan kinerja guru, disebabkan oleh: (1). Adanya kecenderungan melemahnya kinerja guru dimana berdasarkan pengalaman penulis menjadi kepala sekolah di  SMP Negeri 3 Sikur  yaitu adanya guru yang tidak dapat menjalankan peran dan fungsinya secara efektif, guru yang masuk ke kelas yang tidak tepat waktu, guru mengajar tidak mempunyai persiapan mengajar, guru tidak punya absensi siswa, ( 2 ) adanya pelaksanaan supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah belum dilaksanakan dengan sebaik – baiknya kepada guru.   ( 3 ) adanya penurunan kinerja guru merupakan salah satu penyebab menurunnya Nilai UN siswa SMP Negeri 3 Sikur. Tujuan dari penelitian tindakan sekolah( PTS ) ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pembinaan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru dengan mengefektifkan Musyawarah Guru Mata Pelajaran ( MGMP) khususnya matematika. Dalam penelitian tindakan sekolah( PTS ) ini dilakukan dalam 2 siklus, dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan kinerja guru dengan mencapai standar ideal. Nilai rata-rata hasil supervise akademik yaitu 69,29 pada siklus I, dapat meningkat menjadi 73,92 begitu juga persentase ketuntasan guru secara kelompok yaitu 33 % pada siklus I meningkat menjadi 100 % pada siklus II. Hasil penelitian tindakan ini menunjukkan bahwa pembinaan melalui supervisi akademik dapat meningkatkan kinerja guru di SMP Negeri 3 Sikur dengan ketuntasan sesuai yang diharapkan.