Upaya Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi Anak melalui Bermain Peran pada Kelompok B di Taman Kanak-kanak Dharma Wanita Aikmel

Abstract

Subyek penelitian adalah anak kelompok B TK DW Aikmel Kecamatan Aikmel  Kabupaten Lombok Timur tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 20 anak dan terdiri atas 8 anak laki-laki dan 12 anak perempuan dengan usia rata-rata 6 tahun. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan dua siklus, dengan setiap siklusnya dilaksanakan 2 kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan selama kurang lebih tiga bulan, yaitu mulai Bulan Pebruari  sampai dengan April 2017. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi melalui kegiatan bermain peran pada anak kelompok B Semester II di TK Dharma Wanita Aikmel Tahun Pembelajaran 2016/2017. Berdasarkan hasil analisis data pada tiap siklus, terlihat bahwa hasil dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Pada pelaksanaan pembelajaran dan hasil analisis data siklus I, untuk aktivitas anak diperoleh skor ketuntasan klasikal sebesar 26 dan meningkat pada siklus II menjadi  28. Pada pelaksanaan pembelajaran dan hasil analisis data siklus I, untuk aktivitas guru diperoleh nilai rata-rata sebesar 3,7 dan aktivitas guru pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 4.