Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bilangan melalui Media Kartu Angka pada Anak Kelompok A TK PGRI 10 Sukadana
Abstract
Subyek penelitian adalah anak kelompok A di TKPGRI 10 Sukadana kecamatan Terara kabupaten Lombok Timur tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 20 anak dan terdiri atas 9 anak laki-laki dan 11 anak perempuan dengan usia rata-rata 5 tahun. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan dua siklus, dengan setiap siklusnya dilaksanakan 3 kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan selama kurang lebih tiga bulan, yaitu mulai Bulan Pebruari sampai dengan April 2017. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan motorik halus Melalui Kegiatan menggunting bentuk geometri pada anak kelompok B Semester II di TK PGRI 10 Sukadana Tahun Pembelajaran 2016/2017. Berdasarkan hasil analisis data pada tiap siklus, terlihat bahwa hasil dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Pada pelaksanaan pembelajaran dan hasil analisis data siklus I, untuk aktivitas anak diperoleh skor ketuntasan klasikal sebesar tidak tuntas dan meningkat pada siklus II menjadi tuntas. Pada pelaksanaan pembelajaran dan hasil analisis data siklus I, untuk aktivitas guru diperoleh nilai rata-rata sebesar 3 dan aktivitas guru pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 4