Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak melalui Kegiatan Menggunting Bentuk Geometri pada Kelompok B TK PGRI 10 Sukadana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan kemampuan Motorik Halus anak melalui Kegiatan menggunting bentuk geometri pada Kelompok B Pada TKPGRI 10 sukadana  Kec.Terara Tahun 2016-2017. Subyek penelitian adalah anak kelompok A TK PGRI 10 Sukadana kecamatan Terara kabupaten Lombok Timur tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 20 anak dan terdiri atas 12 anak laki-laki dan 8 anak perempuan dengan usia rata-rata 4-5 tahun. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan dua siklus, dengan setiap siklusnya dilaksanakan 3 kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan selama kurang lebih tiga bulan, yaitu mulai Bulan Pebruari  sampai dengan April 2017. Berdasarkan hasil analisis data pada tiap siklus, terlihat bahwa hasil dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Pada pelaksanaan pembelajaran dan hasil analisis data siklus I, untuk aktivitas anak diperoleh skor ketuntasan klasikal sebesar 30% dan meningkat pada siklus II menjadi  100%. Pada pelaksanaan pembelajaran dan hasil analisis data siklus I, untuk aktivitas guru diperoleh nilai rata-rata sebesar 30% dan aktivitas guru pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 95%.