Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak melalui Kegiatan Beronce Bentuk dan Warna pada Kelompok B TK PKK Denggen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan motorik halus  melalui kegiatan meronce bentuk  dan warna  pada kelompok B TK PKK Denggen kecamatan Selong Tahun pelajaran 2018/2019. Subyek penelitian adalah anak kelompok B TK PKK Denggen kecamatan Selong  kabupaten Lombok Timur tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 17 anak dan terdiri atas 10 anak laki-laki dan 7 anak perempuan dengan usia rata-rata 4-5 tahun. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan dua siklus, dengan setiap siklusnya dilaksanakan 3 kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan selama kurang lebih tiga bulan, yaitu mulai Bulan Pebruari  sampai dengan April 2019. Cara pengambilan data dalam penelitian ini adalah data tentang situasi belajar mengajar diperoleh dari lembar observasi. Berdasarkan hasil analisis data pada tiap siklus, terlihat bahwa hasil dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Pada pelaksanaan pembelajaran dan hasil analisis data siklus I, untuk aktivitas anak diperoleh skor ketuntasan klasikal sebesar 20% dan meningkat pada siklus II menjadi  80%. Pada pelaksanaan pembelajaran dan hasil analisis data siklus I, untuk aktivitas guru diperoleh nilai rata-rata sebesar 3 dan aktivitas guru pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 4.