Meningkatkan Kemampuan Berbahasa melalui Permainan Kartu Kata Bergambar pada Kelompok A TK Aisyiyah Kelayu

Abstract

Subyek penelitian adalah anak kelompok  A pada TK Aisyiyah Kelayu kecamatan Selong  kabupaten Lombok Timur tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 15anakyang terdiri atas 6 anak laki-laki dan 9 anak perempuan dengan usia rata-rata5 tahun. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan dua siklus, dengan setiap siklusnya dilaksanakan 3 kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan selama kurang lebih tiga bulan, yaitu mulai Bulan Pebruari  sampai dengan April 2019. Cara pengambilan data dalam penelitian ini adalah data tentang situasibelajar mengajar diperoleh dari lembar observasi. Berdasarkan hasil analisis data pada tiap siklus, terlihat bahwa hasil dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Pada pelaksanaan pembelajaran dan hasil analisis data siklus I, untuk aktivitas anak diperoleh skor ketuntasan klasikal sebesar 68,88% dan bahkan  meningkat signifikan pada siklus II menjadi  92,2%.