Peningkatan Kinerja Guru dalam Manajemen Pengelolaan Kelas melalui Supervisi Klinis di SDN 6 Lenek Daya Kecamatan Aikmel
Abstract
Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui Peningkatan kinerja guru dalam manajemen pengelolaan kelas melalui supervisi klinis SDN 6 Lenek Daya kecamatan Aikmel tahun pelajaran 2018/2019. Subyek dalam penelitian ini adalah Guru SDN SDN 6 Lenek Daya kecamatan Aikmel yang merupakan sekolah tempat peneliti menjadi Kepala Sekolah tahun pelajaran 2018/2019. PTS dilakukan pada guru melalui supervisi klinis Kepala Sekolah dalam peningkatan kinerja guru di SDN 6 Lenek Daya kecamatan Aikmel. Dalam pelaksanaan tindakan, rancangan dilakukan dalam 3 siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembinaan melalui supervisi klinis memiliki dampak positif dalam meningkatkan kinerja guru, hal ini dapat dilihat dari semakin mantapnya pemahaman guru terhadap pembinaan yang disampaikan Kepala Sekolah ( kemampuan mengajar guru meningkat dari siklus I, II, dan III ) yaitu masing-masing 33,33% ; 66,66% ; 100 % secara kelompok dikatakan tuntas/meningkat karena sudah mencapai ketuntasan.