Peningkatan Kinerja Guru melalui Supervisi Edukatif Kolaboratif di SDN 2 Setanggor

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui  peningkatan kinerja guru melalui supervisi Edukatif Kolaboratif  di SDN 2 Setanggor kecamatan Sukamulia tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan Sekolah (PTS). Penelitian tindakan sekolah (PTS) ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan dua siklus, dengan setiap siklusnya dilaksanakan proses pembimbingan berupa Supervisi Edukstif Kolaboratif kemudian dilaksanakan observasi/penilaian berupa supervisi proses pembelajaran di kelas. Penelitian ini dilaksanakan selama kurang lebih tiga bulan, yaitu mulai bulan Agustus sampai dengan Oktober 2018. Subyek penelitian adalah guru-guru SDN 2 Setanggor kecamatan Sukamulia tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 3 guru PNS. Berdasarkan  hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan supervisi edukatif Kepala Sekolah memiliki dampak positif dalam meningkatkan kinerja guru. Hal ini dapat dilihat dari semakin mantapnya pemahaman guru dari pembinaan yang diberikan oleh kepala sekolah  (rata-rata hasil kinerja guru  meningkat dari siklus I, dan II) yaitu dari 66,00 menjadi 82,50.