Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) pada Siswa Kelas I SDN 1 Setanggor
Abstract
Tujuan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) pada siswa kelas I SDN 1 Setanggor kecamatan Sukamulia Tahun Pelajaran 2018/2019. Subyek penelitian adalah siswa kelas I SDN 1 Setanggor kecamatan Sukamulia Kabupaten Lombok Timur tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 30 siswa dan terdiri atas 13 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan dengan usia rata-rata 8 tahun. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan dua siklus, dengan setiap siklusnya dilaksanakan 2 kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan selama kurang lebih tiga bulan, yaitu mulai Bulan Juni sampai dengan Agustus 2017. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) dapat meningkatkan aktivitas belajar para siswa pada mata pelajaran matematika kelas I SDN 1 Setanggor kecamatan Sukamulia Kabupaten Lombok Timur Tahun Pelajaran 2018/2019 yang dapat dilihat dari peningkatan aktivitas belajar dari siklus I sampai dengan siklus II, dari kategori cukup aktif dengan nilai rata-rata 2,83 sampai dengan kategori aktif dengan nilai rata-rata 4,01. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas I SDN 1 Setanggor kecamatan Sukamulia Kabupaten Lombok Timur Tahun Pembelajaran 2018/2019 mengalami peningkatan pada setiap siklus dengan persentase ketuntasan secara klasikal masing-masing siklus yaitu siklus I sebesar 67% dan siklus II sebesar 90% berarti ada kenaikan 23%.