Meningkatkan Kompetensi Guru IPA dalam Penggunaan Metode Round Table melalui Pembinaan Terbimbing di SMPN 3 Masbagik

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui  peningkatan Kompetensi Guru IPA Dalam Penggunaan Metode  Round Table Melalui Pembinaan Terbimbing Dalam Pembelajaran IPA SMPN 3 Masbagik Tahun Pelajaran 2018/2019. Subjek dalam penelitian ini adalah Guru IPA SMPN 3 Masbagik Kecamatan Masbagik Kabupaten Lombok Timur yang merupakan tempat peneliti bertugas sebagai guru dan  kepala sekolah sampai saat penelitian ini. Penelitian tindakan sekolah yang dilaksanakan dalam  beberapa siklus dianggap sudah berhasil apabila terjadi peningkatan kemampuan guru  mencapai 85 % guru   ( sekolah  yang diteliti ) telah mencapai nilai rata rata minimal 70 dari hasil supervisi akademik yang dilakukan. Dari hasil kegiatan pembinaan yang telah dilakukan selama tiga siklus, dan berdasarkan seluruh pembahasan serta analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan sebagai berikut : Pembinaan kepala sekolah dalam menerapkan metode round table dengan pembinaan terbimbing memiliki dampak positif dalam meningkatkan kemampuan guru dalam proses belajar mengajar di SMPN 3 Masbagik tahun pelajaran 2018/2019.