Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak dalam Mengenal Benda-benda di Lingkungan melalui Permainan Kartu Angka 1 sampai 20 di Kelompok B TK PGRI 32 Setanggor Kecamatan Sukamulia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan Kognitif anak  melalui bermain  kartu gambar  pada kelompok B TK PGRI 32 Setanggor kecamatan Sukamulia  Tahun Pelajaran 2018/2019. Subyek penelitian adalah anak kelompok B TK PGRI 32 Setanggor kecamatan Sukamulia  kabupaten Lombok Timur tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 18 anak dan terdiri atas 12 anak laki-laki dan 6 anak perempuan dengan usia rata-rata 5-6 tahun. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan dua siklus, dengan setiap siklusnya dilaksanakan 3 kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan selama kurang lebih tiga bulan, yaitu mulai Bulan Pebruari  sampai dengan April 2019. erdasarkan hasil analisis data pada tiap siklus, terlihat bahwa hasil dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Pada pelaksanaan pembelajaran dan hasil analisis data siklus I, untuk aktivitas anak diperoleh skor ketuntasan klasikal sebesar 40 % dan meningkat pada siklus II menjadi  60%.