Peningkatan Kemampuan Menulis Cerita Fantasi dengan Media Strip Story pada Siswa Kelas IX-E SMP Negeri 3 Masbagik

Abstract

Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis cerita fantasi dengan media strip story pada siswa kelas IX-E  SMPN 3 Masbagik semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan dua siklus, dengan setiap siklusnya dilaksanakan proses atau kegiatan pembelajaran minimal 2 kali pertemuan kemudian dilaksanakan evaluasi pada pertemuan ketiga. Penelitian ini dilaksanakan selama kurang lebih tiga bulan, yaitu mulai Bulan Agustus sampai dengan Oktober 2018. ubyek penelitian adalah siswa kelas IX-E SMPN 3 Masbagik kabupaten Lombok Timur tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 22 orang siswa. Berdasarkan hasil analisis data pada tiap siklus, terlihat bahwa hasil dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Pada pelaksanaan pembelajaran dan hasil analisis data siklus I, untuk aktivitas siswa diperoleh nilai rata-rata sebesar 65 dan aktivitas siswa pada siklus II diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 73.