Peningkatan Motivasi dan Ketuntasan Belajar melalui Penerapan Pembelajaran Kontekstual Berbasis Pemodelan

Abstract

Penelitian ini mengangkat tentang penerapan pendekatan kontekstual berbasis pemodelan dalam  meningkatkan motivasi dan ketuntasan belajar siswa, dengan menjadikan kelas VII MTs. Baiturrahim Kabar tahun pelajaran 2019/2020 sebagai subjek penelitian.  Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan ketuntasan belajar mata pelajaran Qur’an Hadits. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 29 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan dan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan siswa lebih termotivasi dalam proses belajar mengajar dengan menggunakan pendekatan kontekstual berbasis pemodelan. Setelah data diolah didapatkan data  motivasi belajar siswa  meningkat dari siklus I ke siklus II yaitu dari 72% menjadi 82% dengan kategori tinggi menjadi kategori sangat tinggi. Sedangkan  hasil pengolahan data hasil evaluasi siklus I diperoleh hasil ketuntasan belajar sebesar 79,31%. Hal ini menunjukkan belum tercapainya ketuntasan belajar klasikal karena belum mencapai ≤85%. Oleh karena itu dilajutkan ke siklus II  dan diperoleh hasil ketuntasan belajar sebesar 86,21% Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan kontekstual berbasis pemodelan pada materi pokok Ekosistem dapat meningkatkan motivasi dan ketuntasan belajar siswa kelas VII MTs. Baiturrahim Kabar semester gasal tahun pelajaran 2019/2020.