Cara Belajar Siswa Berprestasi di Kelas Rendah Pada Kelas III SD Negeri Karawaci 20

Abstract

Memiliki cara belajar yang baik maka setiap usaha belajar akan memberikan hasil yang baik juga. Kebiasaan yang baik haruslah ditanamkan dan dikembangkan disetiap siswa. Cara-cara dalam belajar bukan sesuatu yang sudah ada, tetapi sesuatu yang harus dibuat. Jika cara belajar siswa tidak sesuai atau kurang tepat maka akan mendapat hasil yang tidak optimal dan akan mempengaruhi prestasi belajar siswa tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara belajar siswa berprestasi kelas III di SD Negeri Karawaci 20. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Karawaci 20.Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan teknik observasi,wawancara,dokumentasi,dan catatan lapangan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa cara belajar siswa berprerstasi adalah membuat jadwal waktu belajar setiap malam hari jika besok ada jadwal pelajaran yang akan diajarkan oleh guru selama 1 jam, membaca buku dan membuat catatan pelajaran mengenai hal-hal yang penting ditulis dengan menarik agar dapat memudahkan ketika dipelajari kembali. Mengikuti pelajaran dikelas dengan memperhatikan, mendengarkan, mencatat penjelasan dan bertanya materi yang belum jelas kepada guru. Siswa mengulangi pelajaran dengan membaca buku ringkasan dan menghafal pelajaran hanya pada materi tertentu tujuannya untuk mengingat materi dalam pikiran. Ketika mengerjakan tugas siswa mengerjakan sendiri tugasnya karena jawaban dari pertanyaan kadang mengarang jadi yang penting dijawab pokok intinya saja.