Metode Latihan Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Bermain Ansambel Rekorder Siswa Kelas VIII-1 SMP Negeri 1 Keruak

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan atas dasar masalah dan tujuan penelitian yang menuntut adanya penyempurnaan (tindak lanjut) berdasarkan prinsip daur ulang secara reflektif,  kolaboratif dan partisipatif yang dipusatkan pada situasi sosial kelas.  Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah demi perbaikan dan atau peningkatan praktek pembelajaran secara berkesinambungan, yang pada dasarnya melekat pada terlaksananya misi peofesionalisme pendidikan yang diemban oleh guru. Yang dijadikan sebagai subjek dalam penelitian tindakan ini adalah seluruh siswa kelas VIII-1 SMPN 1  Keruak,Lombok Timur yang berjumlah 39 orang. Hasil tes yang diberikan pada siklus II, setelah dianalisis dengan menggunakan MI – Sdi, diketahui nilai tertinggi yang berhasil diperoleh siswa adalah 93,7 dan nilai terendah 62,5 dengan nilai rata-rata 82,17.  Dari hasil analisis data dengan MI – Sdi  didapatkan: 1) jumlah siswa yang memperoleh nilai yang termasuk kategori tinggi sebanyak 9 orang, meningkat dari 5 orang pada siklus I; 2) jumlah siswa yang memperoleh nilai yang termasuk kategori sedang sebanyak 15 orang, meningkat dari 14 orang pada siklus I; dan jumlah yang memperoleh nilai dengan kategori rendah sebanyak 4 orang, turun dari 9 orang pada siklus I. Adapun ketuntasan klasikal pada siklus II sebesar 85,71%. Angka ini berada di atas angka ketuntasan klasikal yang ditetapkan sebagai kriteria keberhasilan tindakan, yakni 85%.  Dengan demikian, mengacu kepada kriteria yang telah ditetapkan maka ketuntasan yang dipersyaratkan telah tercapai pada siklus II. Oleh karena itu, pembelajaran menulis wacana narasi dengan metode latihan terbimbing berbasis pengalaman pribadi siswa dikatakan dapat meningkatkan kemampuan siswa menulis wacana narasi sehingga tindakan dihentikan pada siklus II. Pembelajaran dengan menggunakan metode latihan terbimbing dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran bermain ansambel rekorder di kelas VIII-1   SMPN 1  Keruak Tahun Pelajaran 2018/2019. Hal itu terlihat dari meningkatnya aktivitas dan kreativitas belajar siswa selama proses pembelajaran dengan metode latihan terbimbing dari siklus I ke siklus II.