Peran Fasilitas Belajar terhadap Minat Belajar serta Pengaruhnya pada Siswa SMA

Abstract

Tujuan yang ingin di capai pada penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dan peran fasilitas belajar terhadap minat belajar peserta didik kelas X di SMA Negeri 1 Gunung Putri Bogor Jawa Barat.metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode survey. Sedangkan jenis penelitian  yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional, yaitu untuk melihat apakah ada hubungan antara variabel bebas (X) dengan variabel terkait (Y). Variabel bebas (X) dalam penelitian ini berupa fasilitas belajar. Sedangkan, variabel terkait (Y) dalam penelitian ini berupa minat belajar peserta didik.Penelitian mengunakan uji klasik, validitas, realibilitas dan Analisis Regresi Linear Sederhana serta Analisi Korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, terdapat pengaruh signifikan yang positif  Fasilitas Belajar Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Di SMA Negeri 1 Gunung Putri Bogor Jawa Barat. Hipotesis yang diperoleh membuktikan bahwa Hipotesis menerima Ha dan menolak Ho. Hasil tersebut membuktikan bahwa fasilitas belajar dapat mempengaruhi minat belajar siswa.