Manajemen Supervisi Akademik Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Kinerja Pendidik dan Tenaga Kependidikan di SMP Muhammadiyah 2 Taman
Abstract
Penelitian ini meneliti tentang Manajemen Supervisi Akademik Kepala Sekolah dalam meningkatkan Kualitas Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Pendidikan bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa dan merupakan suatu proses untuk meningkatkan kualitas manusia Indonesia dalam mewujudkan masyarakat adil dan makmur. Diharapkan pendidikan mampu mengantarkan warga Indonesia mengembangkan dirinya dalam segala aspek kehidupan. Dalam dunia pendidikan, peranan guru sangatlah penting, yakni orang yang bertanggung jawab mencerdaskan kehidupan peserta didik dan bertanggungjawab atas segala sikap, tingkah laku dan perbuatan dalam rangka membina anak didik agar menjadi orang yang bersusila, cakap, dan berguna bagi nusa dan bangsa. Kinerja guru yang optimal merupakan dambaan setiap sekolah. Guru yang memiliki kinerja yang baik dapat dilihat dari berbagai performan yang ditampilkannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif diskriptif. Data dari penelitian ini diperoleh dari Kepala sekolah, para Waka, dewan guru dan karyawan sekolah lainnya. Data dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif – kualitatif. Hasil penelitian menunjukkah bahwa manajemen supervise Akademik dalam Meningkatkan kualitas pendidik dam tenaga Kependidikan.