Upaya Meningkatkan Motivasi dan Kinerja Guru melalui Supervisi Kepala Sekolah pada SMPN 3 Masbagik
Abstract
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini diantaranya adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi dan kinerja guru melalui supervisi kepala sekolah pada SMPN 3 Masbagik. Subjek dalam penelitian tindakan sekolah ini adalah guru-guru matematika di SMPN 3 Masbagik yang berjumlah 3 orang, yang terdiri dari laki-laki 2 orang dan perempuan 1 orang. Waktu penelitian dilakukan pada bulan Januari sampai dengan bulan April pada Semester II tahun pelajaran 2018/2019. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat diketahui bahwa pelaksanaan supervisi kepala sekolah terbukti dapat meningkatkan motivasi dan kinerja guru. Untuk itu pelaksanaan supervisi kepala sekolah dapat selalu dilaksanaan dalam rangka mempertahankan sekaligus meningkatan motivasi dan kinerja guru. Dalam pelaksanaan supervisi kepala sekolah tentu saja perlu dilakukan perencanaan yang terstruktur dan dilaksanakan secara sistematis agar mampu menghasilkan proses supervise yang baik. Dengan adanya pelaksanaan supervisi yang baik diharapkan akan dapat meningkatkan motivasi dan kinerja guru guna mendukung pencapaian tujuan pembelajaran yang lebih baik.