Peningkatan Kompetensi Guru dalam Penerapan Model Pembelajaran melalui Supervisi Akademik pada SDN 2 Paokmotong

Abstract

Tujuan dari penelitian tindakan sekolah (PTS) ini adalah untuk mengetahui sejauh mana supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah yang diikuti dengan pemberian pembinaan/perlakuan terhadap guru-guru sasaran dapat meningkatkan kompetensi guru tersebut dalam menerapkan model-model pembelajaran di kelas. Dalam penelitian tindakan sekolah (PTS) ini dilakukan dalam 2 siklus, dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan kompetensi guru  dengan mencapai standar ketuntasan. Pada siklus I peningkatan kompetensi guru setelah dilakukan supervisi kelas setelah dilakukan pembinaan tentang pemanfaatan beberapa model pembelajaran baru mencapai sekitar 33,33 % pada siklus II, dapat meningkat menjadi 100 %. Skor rata-rata yang diperoleh setelah dilakukan supervisi kelas pada siklus I sebesar 63,30 dan meningkat pada siklus II menjadi 83,33, berarti ada peningkatan sebesar 20,03.    Hasil penelitian tindakan sekolah ini menunjukkan bahwa pembinaan kepala sekolah melalui supervisi di kelas dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menerapkan model-model pembelajaran di kelasnya masing-masing.