Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi dengan Metode Bercakap-cakap pada Kelompok B TK NW Aikmel Utara Kecamatan Aikmel

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahuiapakah metoder bercakap-cakap  dapat Meningkatkan Kemampuan Komunikasi pada Kelompok B TK NW Aikmel Utara Kecamatan Aikmel Tahun Pembelajaran 2016/2017. Subyek penelitian adalah anak kelompok B1 TK NW Aikmel Utara Kecamatan Aikmel kabupaten Lombok Timurtahunpelajaran 2016/2017 yang berjumlah21 anak dan terdiri atas 11anak laki-laki dan 10 anak perempuan dengan usia rata-rata 4-5 tahun.        Penelitian ini dilaksanakan di kelompok  B1 TK NW Aikmel Utara kecamatan Aikmel kabupaten Lombok Timur yang merupakan tempat tugas peneliti dimana TK iniberada di di wilayah Aikmel Utara. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan dua siklus, dengan setiap siklusnya dilaksanakan 2 kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan selama kurang lebih tiga bulan, yaitu mulai Bulan Pebruari sampai dengan April 2017. Berdasarkan hasil analisis data pada tiap siklus, terlihat bahwa hasil dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Pada pelaksanaan pembelajaran dan hasil analisis data siklus I, untuk aktivitas anak diperoleh skor ketuntasan klasikal sebesar 40% dan meningkat pada siklus II menjadi  100%. Pada pelaksanaan pembelajaran dan hasil analisis data siklus I, untuk aktivitas guru diperoleh nilai rata-rata sebesar  skore 3  dan aktivitas guru pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar nilai skore 4.