Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak melalui Kegiatan Menggunting Bentuk Geometri pada Kelompok A TK PGRI 15 Rarang
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui apakah kegiatan menggunting bentuk geometri dapat Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak pada kelompok A TK PGRI Rarang. Subyek penelitian adalah anak kelompok A TK PGRI 15 Rarang kecamatan Terara kabupaten Lombok Timur tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 34 anak dan terdiri atas 16 anak laki-laki dan 18 anak perempuan dengan usia rata-rata 4-5 tahun. Adapun yang menjadi indikator keberhasilan penelitian tindakan kelas ini adalah pencapaian prestasi anak dengan ketentuan sebagai berikut: Keberhasilan penelitian ini dilihat dari prestasi belajar mencapai ketuntasan klasikal yaitu jika 85% anak mendapat skor minimal bintang 3. Berdasarkan hasil analisis data pada tiap siklus, terlihat bahwa hasil dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Pada pelaksanaan pembelajaran dan hasil analisis data siklus I, untuk aktivitas anak diperoleh skor ketuntasan klasikal sebesar 30% dan meningkat pada siklus II menjadi 95%. Pada pelaksanaan pembelajaran dan hasil analisis data siklus I, untuk aktivitas guru diperoleh nilai rata-rata sebesar 50% dan aktivitas guru pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 95%.