Meningkatkan Kemampuan Bercerita melalui Media Gambar Seri pada Anak Kelompok A TK Muslimat Al-Usmani NW Selagik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan bercerita anak dengan menggunakan media gambar seri pada anak kelompok A TK Muslimat Al Usmani NW Selagik kecamatan Terara tahun pelajaran 2016/2017 . Subyek penelitian adalah anak kelompok A TK Muslimat Al-Usmani NW Selagik kecamatan Terara kabupaten Lombok Timur tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 20 anak dan terdiri atas 9 anak laki-laki dan 11 anak perempuan dengan usia rata-rata 4-5 tahun. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan dua siklus, dengan setiap siklusnya dilaksanakan 2 kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan selama kurang lebih tiga bulan, yaitu mulai Bulan Maret sampai dengan April 2017. Adapun yang menjadi indikator keberhasilan penelitian tindakan kelas ini adalah pencapaian prestasi anak dengan ketentuan sebagai berikut: Keberhasilan penelitian dilihat dari prestasi belajar mencapai ketuntasan klasikal yaitu jika   85% anak  mendapat skor minimal bintang 3. Berdasarkan hasil analisis data pada tiap siklus, terlihat bahwa hasil dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Pada pelaksanaan pembelajaran dan hasil analisis data siklus I, untuk aktivitas anak diperoleh skor ketuntasan klasikal sebesar 50% dan meningkat pada siklus II menjadi  90%.