Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan melalui Media Kartu Angka dan Kartu Bergambar pada Anak Kelompok A TK Asmaul Husna NW Embung Raja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak kelompok A TK Asmaul Husna NW Embung Raja kecamatan Terara Tahun Pelajaran 2016/2017 melalui media kartu angka dan kartu bergambar. Subyek penelitian adalah anak kelompok A TK Asmaul Husna NW Embung Raja kecamatan Terara kabupaten Lombok Timur tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 20 anak dan terdiri atas 11 anak laki-laki dan 9 anak perempuan dengan usia rata-rata 4-5 tahun. Penelitian ini dilaksanakan di kelompok A TK Asmaul Husna NW Embung Raja kecamatan Terara kabupaten Lombok Timur yang merupakan tempat tugas peneliti dimana TK ini berada di Embung Raja. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan dua siklus, dengan setiap siklusnya dilaksanakan 2 kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan selama kurang lebih tiga bulan, yaitu mulai Bulan Maret sampai dengan April 2017. Berdasarkan hasil analisis data pada tiap siklus, terlihat bahwa hasil dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Pada pelaksanaan pembelajaran dan hasil analisis data siklus I, untuk aktivitas anak diperoleh skor ketuntasan klasikal sebesar 65% dan meningkat pada siklus II menjadi  95%. Pada pelaksanaan pembelajaran dan hasil analisis data siklus I, untuk aktivitas guru diperoleh nilai rata-rata sebesar 2.1 dan aktivitas guru pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 3.1.