Peningkatan Kinerja Guru dalam Manajemen Pengelolaan Kelas melalui Supervisi Klinis Kepala Sekolah di SDN 3 Setanggor

Abstract

Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kinerja guru dalam manajemen pengelolaan kelas melalui supervisi klinis kepala sekolah di SDN 3 Setanggor kecamatan Sukamulia tahun pelajaran 2018/2019. Subyek dalam penelitian ini adalah Guru SDN 3 Setanggor kecamatan Sukamulia yang merupakan sekolah tempat peneliti menjadi guru dan kepala sekolah.Dalam penelitian Tindakan Kepengawasan ini variabel yang diteliti adalah Meningkatkan kinerja guru dalam manajemen pengelolaan kelas melalui supervisi klinis kepala sekolah di SDN 3 Setanggor kecamatan Sukamulia. Penelitian tindakan kekepala sekolahan yang dilaksanakan dalam tiga siklus dianggap sudah berhasil apabila terjadi peningkatan kinrja guru mencapai 85%  ( sekolah  yang diteliti ) telah mencapai ketuntasan dengan nilai rata rata 75. Jika peningkatan tersebut dapat dicapai pada tahap siklus 1 dan 2, maka siklus selanjutnya tidak akan dilaksanakan karena tindakan sekolah  yang dilakukan sudah dinilai efektif sesuai dengan harapan dalam manajemen berbasis sekolah ( MBS ). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembinaan melalui supervisi klinis memiliki dampak positif dalam meningkatkan kinerja guru, hal ini dapat dilihat dari semakin mantapnya pemahaman guru terhadap pembinaan yang disampaikan kepala sekolah ( kemampuan mengajar guru meningkat dari siklus I, II, dan III yaitu 33% menjadi 67 % dan menjadi 100%.