Peningkatan Mutu Pengajaran Berhitung di Kelas Rendah dengan Menerapkan Model Pembelajaran Numeric System melalui Supervisi Akademik di SDN 4 Gelanggang

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian tindakan sekolah ini yaitu untuk mengetahui Peningkatan  Mutu Pengajaran Berhitung Di Kelas Rendah Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Numeric System  Melalui Supervisi Akademik Di Sdn 4 Gelanggang Kecamatan Sakra Timur Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian Tindakan Sekolah ini berlokasi di  SDN 4 Gelanggang kecamatan Sakra Timur  yang ditujukan pada semua guru  kelas rendah yang ada di lokasi penelitian. Dari 3 orang guru yang terlibat, 2 orang guru sudah mendapat skor dengan katagori “baik” sedangkan 1 orang dengan katagori “cukup”.Oleh karena itu dilanjutkan dengan tindakan siklus II yang hasilnya secara umum ada peningkatan ke arah yang lebih baik yaitu 75% guru sudah mendapatkan katagori baik dengan skor rata-rata 80 – 89.Hal ini sudah sesuai dengan kriteria keberhasilan yang ditetapkan. Secara rinci perolehan nilai rata-rata peningkatan kemampuan guru dalam memanfaatkan  pembelajaran Konsep Media Pembelajaran Numeric System   sebagai  implementasi pembelajaran inovatif  yaitu kegiatan pembelajaran atau dalam proses belajar mengajar nilai rata-rata 78,33 di siklus I menjadi 82,08 di siklus II, ada peningkatan 3,75