Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa di SD Negeri Tangerang 15

Abstract

Siswa sebagai sumber daya manusia Indonesia sangat dibutuhkan ide dan pendapatnya untuk membangun negeri ini. Kualitas SDM ini sangat terkait dengan minat membaca yang dimiliki siswa. Kebiasaan membaca tidak hanya berkaitan dengan proses belajar mengajar saja, tetapi juga dapat membentuk kepribadian individu dengan menghayati hasil bacaannya Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses terjadi minat membaca, lama membaca dan jenis bacaan dipilih, manfaat membaca dan cara siswa mengekspresikan minat membacanya. Metode penelitian yang digunakan adalah Observasi dan wawancara dengan melibatkan siswa kelas IVĀ  sebanyak 30 orang. Sebagian besar partisipan mempunyai kebiasaan membaca yang lebih didominasi jenis bacaan nonfiksi dan fiksi. Kebiasaan bermain game online dan melihat TV mampu menghalangi minat membaca siswa.