Pemilihan Cemilan Khas Sampit Terlaris Pada Kedai 24 Dengan Metode AHP (Analytic Hierarchy Process)

Abstract

Penentuan  cemilan khas Sampit terlaris pada Kedai 24 adalah salah satu hal yang penting, sebab dengan menentukan produk apa yang terlaris, kedai 24 dapat memprediksi produk apa yang harus diproduksi lebih banyak. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk memilih produk adalah dengan cara menerapkan sistem penunjang keputusan. Dengan menerapkan sisitem penunjang keputusan pemilik kedai dapat memutuskan dengan hasil yang tepat dalam memilih produk terlaris. Ada beberapa kriteria pilihan yang diterapkan dan ada beberapa alternatif pilihan yang dapat dipilih dalam memilih produk yang terlaris. Analisis data menerapkan metode Analytical Hierarchical Process (AHP), yang memungkinkan perhitungan dengan berbagai kriteria yang ditentukan pemilik kedai. Hasil perhitungan yang telah dilakukan didapatkan rata-rata kriteria rasa sebesar 0,633346,  rata-rata kriteria harga sebesar 0,260498 dan rata-rata kriteria kemasan sebesar 0,106156. Setelah dilakukan perhitungan dengan masing-masing alternatif yang ada, didapatkan hasil tertinggi yaitu produk jenis Abon sebesar 0,48.