ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH DALAM MEMAHAMI SOAL CERITA PADA MATERI PECAHAN

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kesilitan yang dihadapi siswa madrsaha ibtidaiyah kelas IV Nurul Yaqin Kelanjur terhadap materi bilangan pecahan dalam bentuk soal cerita. Meted penelitian yang digunakan dalam penelitaian ini adala pendekaan kulaitatai. Metode pengumpulan datany adalah dengan observasi, wawaancara dan dokumentasi. Adapun sumberdatanya adalah kepala madrasah, guru matematika dan siswa kelas IV yang ada di MI Nurul yaqin Kelanjur. Faktor ekternalnya adalah:  Cara mengajar guru yang masih monoton dan kurangnya buku referensi bagi siswa karena sekolah belum memiliki perpustakaan. Sedangkan faktor internalnya adalah: Siswa tidak menguasai operasi dasar pecahan, kesulitan memahami masalah dalam soal cerita dan tidak tersedianya alat peraga tentang materi pecahan. Untuk mengatasi kesulitan tersebut dapat dilakukan dengan cara menggunakan alat peraga ketika menjelaskan soal cerita materi pecahan, memperbanyak latihan mengerjakan soal cerita pada materi pecahan, memberikan penjelasan menggunakan benda-benda konkret, dan membuat soal cerita dengan Bahasa yang komunikatif..   Kata kunci : kesulitan balajar dan bilagan pecahan