UNIT KEGIATAN BELAJAR MANDIRI (UKBM)

Abstract

Sistem Kredit Semester diselenggarakan melalui pengorganisasian pembelajaran variatif dan pengelolaan waktu belajar yang fleksibel. Pengorganisasian pembelajaran variatif melalui penyediaan unit-unit pembelajaran utuh setiap mata pelajaran dikenal dengan Unit Kegiatan Belajar Mandiri atau UKBM. UKBM merupakan hal yang baru, sehingga penerapan UKBM memberikan perubahan dalam proses belajar mengajar serta pola pikir peserta didik dan pendidik. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis penerapan Unit Kegiatan Belajar Mandiri mata pelajaran biologi kelas X lintas minat SMA N 1 Kendal tahun pelajaran 2018/2019 berdasarkan Standar Nasional Pendidikan dan analisis SWOT. Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Analisis data menggunakan Standar Nasional Pendidikan dan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan Unit Kegiatan Belajar Mandiri mata pelajaran biologi kelas X lintas minat SMA N 1 Kendal tahun pelajaran 2018/2019 dari tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi sudah sesuai dan memenuhi Standar Nasional Pendidikan. Kekuatan dari penerapan UKBM lebih banyak dibandingkan dengan kelemahannya yaitu perencanaan pembelajaran yang baik sesuai dan memenuhi SNP serta UKMB dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Kelemahan UKMB adalah peserta didik dengan kecepatan belajar lambat merasa waktu terlalu singkat. Peluang dari penerapan UKBM juga lebih banyak dibandingkan dengan ancaman sehingga keberadaan UKMB dapat terus dikembangkan untuk membantu peserta didik belajar.